Take a fresh look at your lifestyle.

146 Siswa SD/SMP Ikuti Kompetisi Matematika Terbuka

242

 

PEKALONGAN – Sebanyak 146 siswa SD dan SMP se-Karisidenan Pekalongan mengikuti Kompetisi Matematika Terbuka (KMT) Ke-3 Tahun 2019 yang digelar Perkumpulan Pembina Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jawa Tengah, Minggu (20/10). KMT ke-3 dilaksanakan serentak di 4 wilayah yaitu Semarang, Surakarta, Pati, Pekalongan dan Purwokweto. Wilayah Pekalongan kegiatan dipusatkan di SMP Pius Pekalongan dan disambut antusias oleh peserta. Tak hanya itu, disela-sela pelaksanaan kompetisi, juga dilangsungkan seminar bagi orang tua siswa terkait OSN. Dalam pelaksanaan lomba, dibagi dua sesi, sesi pertama dimulai pukul 08.30 – 09.30 Wib. Sementara, untuk sesi ke dua, dimulai pukul 11.00 – 12.30 Wib, dengan jenis soal berupa lembar jawaban kertas (LJK).

Menurut Paulina Sri Haryanti, Koordinator KMT Ke-3 Wilayah Pekalongan, peserta sebanyak 146 terdiri dari siswa SD dan SMP se-Eks Karisidenan Pekalongan, dari mulai Brebes, Tegal, Pemalang, Kab/Kota Pekalongan, Batang serta Weleri. Untuk peserta SD sendiri diikuti siswa kelas 1-6, dan untuk SMP siswa kelas 7-9. Dari lomba tingkat wilayah dimaksud, nanti untuk peraih medali diambil 30 persen dari jumlah peserta. Kemudian, bagi peserta yang mendapatkan medali, baik emas, perak maupun perunggu, berhak melanjutkan ke tahap berikutnya di tingkat Jawa Tengah, yang akan digelar 17 November mendatang.

“Tujuannya sendiri untuk mencari bibit siswa, dalam mempersiapkan OSN Mapel Matematika. Seperti diketahui, prestasi OSN Mapel Matematika di Jawa Tengah belakangan cenderung menurun. Maka para pembina OSN berkumpul, untuk meningkatkan prestasi dimaksud, sehingga digelar kompetisi di tingkat wilayah sekaligus sebagai sebagai bahan latihan dan menumbuhkan semangat kompetisi serta meningkatkan rasa percaya diri,” terang Paulina Sri Haryanti, disela-sela pelaksanaan kompetisi, Minggu (20/10). Disamping itu, lanjut dia, menumbuhkan semangat berkompetisi, membantu meningkatkan pendidikan dan SDM, mencerdaskan siswa dalam menguasai materi atau soal Matematika serta menciptakan rasa percaya diri pada siswa.

Sementara, Ketua Pelaksana KMT ke-3 wilayah Pekalongan, Isti Chrismawati, menambahkan, untuk juara akan diumumkan empat hari kemudian, dan akan diinformasikan melalui website PPO Jateng. Terkait seminar bagi orang tua siswa, diharapkan mereka dapat mengetahui terkait strategi OSN, sehingga dapat memberikan motivasi sekaligus pendampingan terhadap anak-anaknya dalam meraih sebuah prestasi. “Selain siswanya dilatih, peran orang tua sangat penting, dalam memberikan pendampingan terhadap anaknya,” tuturnya. (Kuswandi/Red9)

BERITA LAINNYA