Take a fresh look at your lifestyle.

145 Tenaga Kesehatan Puskesmas Slawi Ikuti Vaksinasi Dosis II

60

SLAWI – Sebanyak 145 tenaga kesehatan dan penunjang Puskesmas Slawi, Kabupaten Tegal mengikuti vaksinasi dosis II Covid-19. Jumlah peserta yang divaksin sesuai dengan jumlah peserta yang mengikuti vaksinasi dosis I.
Kepala Puskesmas Slawi, drg Mabruri mengatakan, vaksinasi dosis II dilakukan mulai Senin (8/2) hingga Kamis (11/2). Meski demikian, tidak menutup kemungkinan diperpanjang apabila ada sasaran yang belum tervaksinasi.
“Kalau misalnya ada sasaran yang belum tervaksinasi , kami akan perpanjang waktunya sampai semua sasaran dosis kedua tervaksinasi,”jelasnya,saat ditemui Rabu (10/2).

Mabruri mengatakan, di Puskesmas Slawi terdapat 209 tenaga kesehatan dan penunjang. Tetapi, hanya 145 orang yang mengikuti vaksinasi dosis I yang dilakukan pada 25-30 Januari 2021. Sementara 64 orang tidak mengikuti vaksinasi karena saat dilakukan skrining tidak memenuhi syarat sehingga harus ditunda, kemudian ada yang ekslusi, menyusui dan memiliki komorbid, sehingga tidak dapat dilakukan vaksinasi.

Hasil evaluasi terhadap penyuntikan dosis I, menurut Mabruri, tidak ada peserta yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi (Kipi) berat.

“Hasil evaluasi, ada yang merasa mengantuk atau lapar. Kebanyak itu, Kalau Kipi ringan, hanya demam, tapi sudah sembuh. Tidak ada yang sampai dibawa ke IGD,”tuturnya.
Menurut Mabruri, dalam pelaksanaan vaksinasi dosis II, apabila ada peserta yang sebelumnya mengalami sakit , maka akan dilihat apa sakitnya. Apabila terkofirmasi Covid-19 maka tidak akan diberikan suntikan dosis II, tapi bila sakit ringan, akan tetap diberikan vaksinasi dosis II.

BERITA LAINNYA