Take a fresh look at your lifestyle.

Gandeng Komunitas Pengusaha di Pekalongan, Kapolda Jateng Bantu Warga Terdampak Covid-19

136
  • Disiapkan 100 Ton Beras

PEKALONGAN – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi melaksanakan kunjungan kerjan ke Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, di Kota Pekalongan, Minggu (7/6) siang. Dalam kunjungan tersebut, juga dilakukan apel penyerahan bantuan sosial kepada warga Kota Pekalongan oleh Komunitas Pengusaha Pekalongan yang tergabung dalam Pekalongan Tanggap. Sebanyak 100 ton beras yang telah disiapkan akan dibagikan di 4 kecamatan se-Kota Pekalongan.

Komunitas Pekalongan Tanggap, yang terdiri dari Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, Masyarakat Tionghoa Kota Pekalongan, Ikatan Kawan Lama Pekalongan, SAR Pekalongan Rescue, dan Gerakan Pemuda Amanah ini menyiapkan bantuan sosial berupa 100 ton beras untuk dibagikan kepada warga Kota Pekalongan yang terdampak langsung Covid-19 dan banjir rob. Penyerahan bansos Pekalongan Tanggap ini secara simbolis dilakukan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, bertempat di Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng yang berlokasi di Jalan Dr Sutomo, Kalibanger, Kota Pekalongan, Minggu (7/6).

Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi menyatakan, bahwa adanya bantuan sosial tersebut merupakan bentuk kontribusi bersama untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. “Bahwa kegiatan ini bentuk kerja sama antara Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng, para pengusaha, Kapolres, Dandim, Pemkot untuk meringankan beban masyarakat kita terutama yang terdampak Covid-19. Saya juga sudah perintahkan jajaran untuk selalu berkolaborasi dengan tiga pilar,” tutur kapolda usai mengikuti apel penyerahan bantuan secara simbolis.

Pihaknya menambahkan,  bahwa kegiatan tersebut juga merupakan bentuk ‘social bonding’ atau ikatan sosial, rasa empati, dan rasa saling memiliki terhadap krisis yang sedang melanda. “Saya sangat apresiasi dengan adanya kepedulian seperti ini,” ungkapnya. Pihaknya menyatakan, kegiatan semacam ini, dapat dijadikan role model bagi daerah lain.

Perwakilan Komunitas Pekalongan Tanggap, Sugijanto Hartojo, didampingi Ketua Komunitas Pekalongan Tanggap, Fahmi Husain Shahab, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan seremonial dalam rangka pembagian bantuan beras untuk warga Kota Pekalongan di empat kecamatan yang akan dimulai pada Senin (8/6) mendatang. “Ada 100 ton beras yang akan dibagikan, dimulai dari Kecamatan Pekalongan Utara, dilanjut ke seluruh kecamatan di Kota Pekalongan,” terang Wawan, begitu ia akrab disapa.

Dikatakan, Pekalongan Tanggap sendiri terbentuk karena adanya kesamaan visi yakni kepedulian terhadap situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi warga Kota Pekalongan di tengah pandemi Covid-19 dan banjir rob. Diungkapkan pula bahwa Komunitas Pekalongan Tanggap ini terdiri dari berbagai multietnis, para pengusaha, serta Brimob Pekalongan.

Sejak beberapa waktu lalu, Pekalongan Tanggap bersama Brimob Pekalongan dan sejumlah pihak lain juga telah membangun dapur peduli yang mana tiap harinya telah menyuplai ribuan bungkus nasi beserta lauknya untuk masyarakat terdampak Covid-19 dan banjir rob. “Semoga Covid-19 dan banjir rob segera berakhir,” imbuhnya.

Usai mengikuti apel, dilanjutkan penyerahan bantuan sosial secara simbolis yang mana dari Komunitas Pengusaha Pekalongan yang akan memberikan sebanyak 17.900 paket yang akan dibagikan di 4 kecamatan se-Kota Pekalongan, Kemudian, dilanjutkan peresmian Renovasi Masjid Al Islam Komplek Mako Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Jateng. Hadir Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi beserta jajaran pejabat Polda Jawa Tengah, ulama kharismarik Al-Habib Luthfi Bin Ali Bin Yahya Kota Pekalongan, Komandan Satbrimob Polda Jateng Kombes Pol Tory Kristianto, Wali Kota Pekalongan HM Saelany Mahfudz SE beserta jajaran, Ketua DPRD Kota Pekalongan Balgis Diab SE MM beserta jajaran, Dandim 0710/Pekalongan serta Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez bersama Kapolres jajaran se-Eks Karesidenan Pekalongan. (Kuswandi/Red9).

BERITA LAINNYA