Take a fresh look at your lifestyle.

125 Rumah di Margadana Rusak Diterjang Puting Beliung

135

TEGAL – Sebanyak 125 rumah di Kelurahan Margadana dan Kalinyamat Kulon Kecamatan Margadana, Kota Tegal, rusak setelah diterjang puting beliung, Jumat (26/2) sekitar pukul 03.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Berdasarkan data dari PMI Kota Tegal menyebutkan, sebanyak 81 unit rumah rusak berada di lima RW Kelurahan Margadana. Sementara, 44 unit lainnya berada di dua RW di Kelurahan Kalinyamat Kulon.

Salah seorang warga, Dirjono (30) menyebut, angin puting beliung terjadi sesaat setelah hujan dengan intensitas sedang melanda wilayah tersebut. Tiba-tiba suara gaduh dan angin dengan kencang menerjang rumah dengan cepat.

“Setelah hujan reda, muncul suara gemuruh dan atap rumah berterbangan,” bebernya.

Sementara, Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari bersama Dandim 0712/ Tegal, Letkol Inf Sutan Pandapotan meninjau langsung dua lokasi tersebut. Dari tinjauan itu, keduanya sepakat untuk menerjunkan satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) personel TNI Polri.

“Kita terjunkan personel setelah Salat Jumat untuk membantu masyarakat memperbaiki kerusakan hingga tuntas. Selain itu, kita juga bantu makanan siap santap untuk masyarakat yang terdampak,” ungkap Kapolres.

Menurut dia, mayoritas kerusakan yang terjadi atap rumah dan tiang penyangga yang hilang. Untuk itu, perbaikan difokuskan pada atap rumah karena dikhawatirkan kembali turun hujan.

Hal senada disampaikan Letkol Inf Sutan Pandapotan, yang meminta perwakilan personel berada di setiap rumah yang terdampak. Itu untuk memastikan perbaikan dapat selesai dalam waktu cepat. Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana.

“Sedini mungkin kita antisipasi. Mulai dari diri sendiri, seperti menyiapkan berkas penting dalam satu tempat. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka dapat kita selamatkan,” tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA