Take a fresh look at your lifestyle.

120 Pedagang Pasar Kupu Ikuti Vaksinasi Covid-19

94

DUKUHTURI – Sebanyak 120 pedagang Pasar Kupu, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal telah divaksin Covid-19.

Para pedagang mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan di Puskesmas Kupu, Senin (1/3) dan Selasa (2/3). Vaksinasi terhadap pedagang ini guna mencegah penyebaran Covid-19 di pasar.

Kepala Puskesmas Kupu,dr Mika Jaya Juliastina menyampaikan, sebelum dilaksanakan vaksinasi, pihaknya telah memberitahukan kepada Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM melalui surat terkait kegiatan vaksinasi dengan sasaran 140 orang pedagang.

Mika menyebutkan, pada hari pertama penyuntikan vaksin Covid-19, dari target 70 orang sasaran, ternyata hanya 41 orang yang datang ke Puskesmas. Dari jumlah tersebut, 40 orang berhasil divaksin dan satu orang tertunda, karena tekanan darahnya tinggi.

Melihat tingkat kehadiran pedagang untuk mengikuti vaksin yang belum mencapai target, pada hari kedua pelaksanaan vaksin, Selasa (2/3), pihak Puskesmas Kupu bersama jajaran Polsek Dukuhturi bergerak melakukan sosialisasi vaksin Covid-19 dan mendorong pedagang mengikuti vaksin.

“Kemarin Senin hanya dapat 40 karena masih ada (pedagang) yang takut. Terus ada yang tahu ada surat datang, akhirnya tidak datang jualan,”jelasnya.

Ketakutan pedagang salah satunya karena mendapat informasi yang keliru tentang efek vaksin. “Kami lakukan edukasi dan hari ini yang datang lebih banyak,”tuturnya.

Menurut Mika, pada Selasa (2/3) pedagang yang datang untuk mendaftar vaksinasi sebanyak 86 orang, tetapi setelah dilakukan skrining kesehatan, hanya 80 orang yang lolos dan divaksin.

“Enam orang ditunda vaksinasinya karena tekanan darah lebih dari 180/100 mmHg. Setelah ditungu 20 menit, dan ditensi lagi, tensi tetap 180/100 mmHg,”terang Mika.

Dari pelaksanaan vaksinasi selama dua hari, secara keseluruhan ada 120 pedagang yang divaksin.
Pedagang Pasar Kupu menjadi percontohan vaksinasi Covid-19 di kalangan pedagang.

Menurut Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Eko BP Prabowo, dipilihnya Pasar Kupu sebagai pasar pertama yang menerima vaksin Covid-19, karena ratio kasus positif (positivy rate) Covid-19 terkategori tinggi dibanding pasar lain.

Pada November 2020, pasar tersebut sempat ditutup dua kali, yakni pada 6-8 November dan 18-20 November. Penutupan dilakukan karena terdapat 42 pedagang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Selain menyasar pedagang, sebelumnya juga telah dilakukan vaksinasi terhadap kepala desa, perangkat desa, kepala sekolah serta kader PKK.

Sementara itu, Heni (60) pedagang mi goreng di Pasar Kupu mengaku tidak merasakan sakit saat disuntik vaksin. Dia mengikuti vaksinasi setelah selesai berjualan.
“Gak takut, cuma sakit sedikit,”tuturnya.

Dewi (46) pedagang kue basah asal Slawi mengaku senang bisa mendapat vaksinasi Covid-19. “Di rumah baru saya yang divaksin, kebetulan saya pedagang di Pasar Kupu,”jelasnya.120 Pedagang Pasar Kupu Ikuti Vaksinasi Covid-19

Dia mengaku tidak merasa sakit sedikitpun saat disuntik. “Biasa saja, kayak imunisasi,”sebutnya.

BERITA LAINNYA