Take a fresh look at your lifestyle.

11.240 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Brebes

- Besok Bupati dan Pejabat Pemkab Divaksinasi

61

BREBES – Sebanyak 11.240 vial Vaksin Covid-19 tiba di Kabupaten Brebes, Minggu sore (24/1). Belasan ribu vial vaksi itu diambil tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes dan Gugus Tugas (Gustu) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Brebes, di Gudang Farmasi milik Pempro Jateng, di Semarang.

“Sore ini vaksin Covid-19 sudah tiba di Brebes. Kami saat ini bersama tim sedang mengambilnya di Gudang Farmasi Semarang. Alokasi yang kami terima dari provinsi sebanyak 11.240 vial vaksin Covid-19. Untuk satu vial ini, bisa digunakan bagi 8-10 orang,” terang Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Imam Budi Santoso, Minggu (24/1) saat dihubungi melalui telepon.

Setelah tiba di Brebes, jelas dia, vaksin akan digunakan untuk sebanyak 5.590 orang tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi prioritas. Kemudian, 10 pejabat publik mulai dari Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Dandim hingga tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat. “Sesuai rencana, vaksinasi kepada pejabat publik ini akan dilaksanakan besok, Senin (25/1) di RSUD Brebes. Ini dilakukan untuk meyakinkan masyarakat jika vaksin ini aman dan halal,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk vaksinasi nakes akan dilaksanakan setelah para pejabat publik. Pelaksanaan vaksinasi bagi nakes tersebut akan dilakukan di setiap puskesmas. “Nantinya vaksin Covid-19 ini akan kami simpan di Gudang Farmasi milik Pemkab Brebes, di Jalan Gajah Mada,” pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Brebes Idza Priyanti mengaku, siap untuk menjadi orang pertama di Brebes yang akan divaksinasi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memberi contoh kepada masyarakat bahwa vaksin anti corona ini aman. “Tentu saya saja siap (jika divaksin pertama-red), Pak Presiden saja siap, apalagi saya,” tegasnya kepada wartawan usai melantik ratusan pejabat di jajarannya, kemarin siang.

Bupati menegaskan, dirinya bersedia menjadi orang yang pertama divaksin, tidak lain untuk memberi contoh bagi warga Brebes. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir jika nanti harus mendapat vaksin tersebut. “Kita warga masyarakat Brebes awal 2021 ini akan mendapat vaksin untuk menangkal Covid-19. Vaksin ini diberikan kepada masyarakat gratis,” tandasnya.

Menurut dia, dalam pemberian vaksin itu yang menjadi prioritas pertama adalah tenaga medis dan tenaga kesehatan. Kemudian, petugas yang menangani Covid-19, dan selanjutnya masyarakat umum. Untuk teknis vaksinasi tersebut nantinya akan ditangani Dinas Kesehatan. “Saat ini vaksin memang belum tiba di Brebes dan baru sampai di Semarang, yang selanjutnya baru didistribusikan ke daerah. Nantinya tenaga medis yang kami prioritaskan dan selanjutnya untuk masyarakat,” terang Bupati. (*)

BERITA LAINNYA