Take a fresh look at your lifestyle.

10.000 Pohon Mangrove Ditanam di Pantai Kaliprau

150

PEMALANG – Sebanyak 10.000 bibit pohon mangrove ditanam di Pantai Kaliprau, Kecamatam Ulujami, Jumat (3/7). Pantai ini beberapa bulan yang lalu terkena abrasi parah sehingga penanaman mangrove ini diharapkan dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Penanaman mangrove ini diinisiasi oleh Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho dalam rangka memeringati Hari Bhayangkara ke-74. Karena itu Bupati Pemalang, Junaedi menyampaikan apresiasi atas inisiasi ini.

“Mangrove ditanam dengan inisiasi Polres Pemalang dalam rangka Hari Bhayangkara, kita mesti berdamai dengan alam, kalaupun terjadi abrasi tetap kita tanami terus pantainya,”kata Bupati.

Pemerintah lanjut Bupati daerah memberikan dukungan untuk kegiatan penanaman mangrove tersebut. Menurutnya di Pantai Kaliprau sepanjang 50 meter ke arah laut dulu sudah ditanam pohon. Namun pohonnya tumbang karena proses alam abrasi.

Sementara itu Ditpolairud Polda Jateng, Kombespol Risnanto mengatakan abrasi menjadi masalah bagi masyarakat pesisir di sepanjang 502 kilometer di pantai utara Jawa Tengah dan penanganannya menjadi skala prioritas.

“Magrove memiliki banyak keuntungan antara lain kalau sudah tua batang pohonnya bisa untuk kayu bakar, akarnya sangat kuat untuk menahan abrasi, bisa menjadi sabuk hijau kawasan berpotensi tsunami dan untuk kelangsungan ekosistem karena akar mangrove menghasilkan oksigen yang bagus untuk biota di bawahnya,”terang Risnanto(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA